Killing time

Satu hal yang ternyata mulai tergerus dalam diriku. Apa itu?

Killing time.

Killing time adalah istilah dalam bahasa Inggris yang artinya kita memanfaatkan waktu dengan maksimal dengan mengisi suatu kegiatan dalam menyelingi kegiatan lain.

Misal nih ya, kita sedang menunggu Bus, sembari menunggu, kita membaca buku. Sembari menanti, kita mendengar video edukasi.

Contoh untuk para perempuan, disaat sedang mencuci piring, kita mendengarkan postcast yang mendidik. Disaat kita mencuci, kita mendengarkan listening bahasa Inggris.

Istilah killing time baru saya tahu ketika saya mendengarkan postcast dari “five minute english. ” Aplikasi yang berisi audio singkat yang membantu kita dalam memahami bahasa Inggris.

Dan ternyata, setelah saya fikir-fikir, killing time ini sudah lama saya kerjakan. Bahkan sejak SD dulu.

Sambil menyuci saya mengingat pelajaran yang diajarkan guru.

Tapi killing time yang benar2 efektif saya lakukan adalah di saat SMA. Tidak ada waktu yang terlewat tanpa memanfaatkan nya dengan maksimal.

Main handphone? Tidak. Lihat2 IG? Juga tidak.

Dan satu lagi, ketika SMA saya juga siswa yang cukup konsisten. Seorang guru sejarah yang bercerita terkait siswa lamanya yang kuliah di tempat terkenal, membuat semangat ku terpacu untuk mengikuti.

Dan alhamdulillah, atas izin Allah, doa orang tua, dan juga usahaku yang tidak pernah lelah, menghantarkanku pada sebuah prestasi.

Saya yang dulunya ketika SMP tidak pernah juara, tiba2 menjadi juara umum disekolah SMA terbaik dikotaku. Siswa yang juara diwaktu SMP dulu, terlewati. Siswa dari SMP lain terbaik yang juga masuk ke SMA itu, juga ku lewati.

Alhamdulillah. Ternyata itu kuncinya. Manfaatkan waktu dengan maksimal dan konsisten lah.

Memang untuk melakukan hal itu, kita harus memiliki tujuan.

Tanpa tujuan, kita akan seperti kapal yang terombang-ambing oleh gelongbang di lautan. Tidak tahu kemana. Oleh kerananya kita tidak akan pernah menepi. Jika menepi, bisa saja kita tersesat di pulau yang tidak berpenghuni.

Karena itulah teman, jika kamu memiliki tujuan hidup yang ingin kamu capai, manfaatkanlah waktumu dengan maksimal. Konsisten. Berdoa. Berusaha. Minta ridho orangtuamu. Maka, tunggulah keajaiban datang menghampiri mu. 🙂

Seiring berjalannya waktu, banyak godaan yang menghampiri. Semoga kita bisa segera menangani 🙂

Leave a comment