Ibu Tua Itu Saja Bisa. Lah Kita?

Saat kaki melangkah masuk ke dalam istanaNya, berharap ada selembar kain penutup aurat untuk melaksanakan ibadah kepadaNya. Berdoa bisa sholat berjamaah. Tapi apa daya, kerana diri yang tak sigap dan siaga, akhirnya sulaman kain untuk sholat tiada lagi bersisa.

Diantara sekian lama saya hidup,  baru kali ini rasanya saya merugi tak bisa sholat berjamaah. Di mesjid agung yang lantunan ayat-ayatNya sangat indah. Tapi apa mau dikata, ya sudahlah. Mungkin belum rezeki untuk mendulang pahala dariNya. Satu pelajaran telak untuk saya, seharusnya mukenah kecil haris selalu dibawa kemana-mana.

Hmm. Setelah dapat bukaan gratis yang dipenuhi berkah, akhirnya hati saya sedikit terbuka.

image

Saat saya sedang menuliskan tulisan ini, seorang ibu numpang lewat. Mau ambil minum katanya. Dan ternyata dia duduk di samping saya.

Saya tersenyum untuk menyapanya. Dia menanyakan saya darimana, begitupun akhirnya saya bertanya juga.

“Saya dari Bertangon Nak.”

Saya angguk. Pura-pura tahu.

“Anak darimana? ”

“Saya dari Marendal, Bu. “Jawab saya padanya yang sebenarnya dah nenek-nenek.

“Tapi saya kerja dekat dari sini. “Jawab saya polos.

“Berapa menit kesini Bu? Dari rumah Ibu.”

“Oh ga menit lagi Nak. Sudah jam’an”

“Jam berapa ibu berangkat?”

“Jam dua.”

“Nyampe disini?”

“Jam enam Nak. Tadi angkotnya mogok.”

“Oh. “Saya angguk-angguk. “Normalnya berapa lama Buk?”

“Dua jam Nak.” Jawabnya tersenyum.

PLAK!

Saya merasa tertampar. Ibu-ibu tua ini sengaja datang jauh-jauh pakai angkot hanya untuk i’tikaf di mesjid Agung, salah satu mesjid yang besar di Medan.
Nah saya? 

Aduh, jangankan jauh-jauh. Saat ini saja saya yang dekat dari mesjid ini, paling setengah jam pakai sepeda motor, belum pernah sekalipun melakukannya.

Ya Allah. Maafkan Hamba.

image

*foto para calon penghuni surga

Leave a Reply

