Seorang wanita dan sebatang kayu

Awalnya kayu sama-sama ditanam. Disaat kayu sudah dipanen, nasibnya mau diapakan itu terserah sama si empunya. Ada nanti kayu yang diubah jadi kursi, meja, tempat tidur, sebagai tiang rumah atau jadi kayu bakar. Ia pun tak bisa menolak.

Begitupun wanita. Tiba-tiba terlintas di fikiran saya. Dulu, awalnya kami sama-sama kuliah. Tinggal di kos-kosan yang juga sama. Namun kini saat masing-masing telah memiliki suami, ia memiliki takdir yang berbeda-beda.

Si A, sekarang dia memiliki suami juragan ikan. Keuntungan yang diraup perbulan bisa mencapai ratusan juta. Si B, punya suami yang hanya bekerja sebagai pegawai orang, gajinya tentu hanya pas-pasan. Dan si C, dapat suami yang gajinya di bawah UMR, meski kekurangan, namun ia terlihat tetap berkecukupan.

Waktu terus berputar. Ah, takdir. Tak seorangpun yang tahu bukan?

Seringkali, yang di bawah bisa di atas. Dan yang di atas pun bisa jadi ke bawah. Bukankah orang sering mengatakan ” roda itu berputar?”

Saya saat ini angguk-angguk sendiri. Ya tentulah. Yang senang tak selamanya senang yang susah tak selamanya susah. Lagian, sumber kebahagiaan itu tidak itu tak melulu tentang uang bukan? Meski tak dapat dipungkiri juga, tanpa uang kita juga tak bisa makan.

Tapi intinya, jika saat ini kita kelebihan uang, bersyukurlah dan berbagilah dengan sesama. Jika saat ini kita hanya pas-pasan atau kekurangan, sabar saja dulu ditambah dengan meningkatkan usaha.

Yakinlah, Allah tidak tidur dan tidak buta. Percayalah, di atas atau pun di bawah posisi kita sekarang, tetap saja semuanya adalah ujian dan cobaan dari Allah.

Advertisements

2 thoughts on “Seorang wanita dan sebatang kayu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s