Jasad hangus beberapa jam setelah dikubur.

Jasadnya hangus. Sudah hitam mukanya. Padahal, baru beberapa jam dia dikubur.”

Saya mendengar sesuatu yang membuat kaget saat seseorang yang biasa saya panggil kakak berbicara dengan temannya.

“Yang benarlah Kak.” Ucap saya menimpali sambil tak percaya.

” Benar, Dek. Itu kejadian nyata.”

“Loh, kok bisa ketahuan kayak gitu kak? Kok bisa tahu mayatnya dah macam itu?” Tanya saya penasaran.

” Gini Dek. Hari itu ada dua orang yang meninggal. Yang satunya sudah dikubur. Eh ternyata itu bukan kuburan untuk dia. Tapi untuk mayat yang satunya lagi. Sudah dipesan dan dibayar sama keluarganya. Terpaksa dibongkarlah kuburan itu!”

” Oh gitu ya kak.” Jawab saya angguk-angguk sambil mengernyitkan kening. Berasa ngeri.

” Emang apa yang sudah dilakuinnya, Kak?” Tanya saya berlanjut penasaran.

“Entahlah Dek. Kakak cuma tahu segitu.”

“Oh…” jawab saya masih angguk-angguk, seraya berkata dalam hati. “Nanti kalau saya yang mati, macam mana pula ya?”

Bulu kuduk saya merinding. Tak bisa membayangkan. Hanya mencoba mengingat kesalahan-kesalahan yang pernah saya buat. Walaupun hanya sebesar debu kesalahan itu, dosanya akan tetap dipertangguangjawabkan saat nyawa tak lagi di badan.

Tak hanya saya. Kepada kawan-kawan pun berlaku seperti itu.

Saat ini, kita masih hidup. Artinya masih berkesempatan untuk memperbaiki diri. Kita pun sebenarnya sama-sama sadar, kita tak pernah luput dari dosa, bukan?

Semoga kita bukan orang-orang yang dibutakan hatinya oleh Allah. Amin.

Semoga Allah melembutkan hati kita. Mari beristighfar. Astaghfirullah.

Mari ucapkan ” Subhanallah wabihamdihi” sebanyak 100 kali dalam sehari. Semoga Allah menghapuskan dosa-dosa kita. Berharap kita menghadapnya nanti dalam kondisi bersih. Kapanpun itu. Amin.

One thought on “Jasad hangus beberapa jam setelah dikubur.

Leave a Reply

