Semoga kita tidak seperti mereka

Hari ini saya buka facebook baru. Saya hanya ingin melihat-lihat sebentar rencananya. Tapi ada hal menarik yang membuat saya mengklik link lainnya.

Dialah Tere Liye. Setelah saya like fans pagenya. Kemudian saya obrak abrik catatan di facebooknya.

Banyak hal yang saya dari catatan tersebut. Mulai dari hal yang biasa-biasa saja, tentang kekesalannya terhadap jalanan yang macet ke bandara Bandung, hingga sampai ke hal yang ribet, tentang revisi UU KPK. Tapi ini yang menarik bagi saya.

Beberapa waktu yang lalu, memang saya dengar tentang revisi UU untuk KPK. Dan benar sekali, saya sepakat dengan Tere Liye, revisi UU ini bukanlah untuk melancarkan misi KPK untuk memasukkan para tikus koruptor ke dalam karung. Tapi malah seperti merantai kaki para petugas KPK hingga tidak bebas bergerak. Menangkap tikus berwujud manusia itu.

Sungguh lucu negeri ini. Mungkin para penguasa itu takut ketahuan telah mencuri uang rakyat. Ya, mereka takut tertangkap dan akhirnya masuk penjara. Terkukung dalam jeruji besi. Tentu, cara agar hal itu tidak terjadi, makanya hal paling enteng yang dapat dilakukannya adalah merubah undang-undangnya.

Kau pasti tahu kawan, apa saja revisi UU KPK itu. Saya yakin Kau pasti muak. Pasti benci setelah mengetahuinya. Karena kita bukan lagi anak TK yang hanya bisa bermain. Karena kita sudah bisa berfikir bukan?

Ah. Negaraku. Negaramu. Kapan bisa bersihnya? Haruskah kita memborbardir negeri ini terlebih dahulu? Atau kita membumihanguskannya? Ah itu tidak mungkin.

Lalu?

Semoga kita tidak sepertinya. Semoga kita tidak masuk sistem yang akhirnya malah mencampakkan kita ke neraka.

Itu saja.

Leave a Reply

