Bocoran cara pembuatan CV oleh HRD

Dua hari tidak menulis bukan tanpa alasan, hanya tak memiliki ide brilian,  untuk dijadikan tulisan. Ini sebenarnya bukanlah hanya sekedar omongan. Melainkan memang tiada ada kelapangan.

Bukan sok sibuk, meski saya hanya seorang pengangguran, namun dua hari kemarin banyak hal yang saya lakukan. Memang tidak menyita pikiran, namun cukup melelahkan. Hingga akhirnya tertidur ketika telah datangnya malam.

Ah, apa yang sedang saya ceritakan? Mari lupakan.

Sebenarnya saya ingin berbagi sesuatu, untuk teman sejawat pengangguran. Perihal melamar pekerjaan.

Tadi saya mendapat sedikit ilmu. Tentang CV yang akan kita masukkan ke sebuah pekerjaan. Disebuah jobfair, ada seminar tentang pelamaran pekerjaan. Karena saya datang telat, akhirnya saya belakangan memberi pertanyaan.

Bagaimana membuat cv yang bagus hingga kita diberi kesempatan untuk menuju tahap selanjutnya dalam mencari pekerjaan?

Kata PaK HRD – yang saya tidak tahu namanya– tidak ada cv yang bagus ataupun tidak bagus. Yang ada hanyalah cv yang informatif atau tidak informatif. Tentang hal-hal yang kita cantumkan dalam cv tersebut.

Begini. Pada poin pertama tentang data pribadi, cukup menuliskan nama, alamat, no hp dan email. Tidak perlu dituliskan juga tentang agama, jenis kelamin, status, kewarganegaraan, tinggi, berat apalagi hobi. Dan, tidak perlu dituliskan tanggal lahir atau umur kecuali dipersyaratan ada batas umur yang diminta.

Pada poin kedua, cukup menuliskan dua pendidikan terakhir. Pendidikan SD, SMP, apalagi TK tidak usah dimasukkan jikalau kita adalah seorang sarjana. Namun tidak usah terlalu bangga jika telah sarjana, karena banyak yang telah diwisuda jadi pengangguran dimana-mana. –Contohnya saya. Wkwkwk

Poin ketiga tentang kemampuan, tuliskan yang berkaitan dengan pekerjaan yang akan dilamar saja. Namun berbeda untuk poin keempat tentang pengalaman kerja. Apapun dan dimanapun kita telah bekerja, tuliskan dengan rinci meski hal tersebut meski tidak berkaitan dengan pekerjaan yang akan dilamar.

Poin-poin berikutnya tentang pengalaman organisasi, penghargaan, karya tulis dan training, isi dengan hal yang berkaitan dengan pekerjaan yang sedang kita incar. Jangan diisi kepanjangan.

Penutup, semakin sedikit lembaran cv, semakin ok cv kita, bahkan walaupun hanya satu lembar. Karena cv yang panjang dan tidak memberikan info berguna tentang diri kita, hanya membuat para HRD mengenyampingkan cv kita. Dan akhirnya, kita tidak jadi sebagai pekerja!

4 thoughts on “Bocoran cara pembuatan CV oleh HRD

Leave a Reply

