Hal yang terjadi tanpa disadari

Seorang gadis duduk termangu. Mata menatap langit menembus batas. Entah apa yang dilihatnya. Tidak tahu apa yang diperhatikannya.

Dadanya serasa kosong. Jiwanya terasa hampa. Heran. Padahal orang-orang menyangka bahagia adalah miliknya. Tapi apa? Dia merasa biasa-biasa saja. Bahkan terasa sangat biasa.

Dia mencari apa yang kurang. Dia mencari apa yang tidak cukup. Kemudian dia merenung. Memeluk lutut yang terlipat. Menenggelamkan wajah ke bawah diantara dua tempurung lututnya.

Tak butuh waktu yang lama. Hanya sekejap saja, akhirnya dia mengetahui, dia menyadari. Ya, dia mengerti apa yang diinginkannya sekarang. Sesuatu yang dimiliki dulu, tapi kini tiada lagi. Dan ketika kini dia memiliki apa yang dulu ia inginkan, tapi dia merasa semuanya biasa saja.

Dia bertanya di dalam hati. “Apakah dia harus kehilangan lagi agar mengerti arti memiliki?”

Sebenarnya, jauh di lubuk hati, dia menyadari. Kebanyakan manusia memanglah begini. Tidak menghargai sesuatu yang ia miliki. Selalu merasa kekurangan. Hingga akhirnya terjadilah kehilangan. Dan, disanalah baru timbul penyesalan dan kesadaran bahwa hidup harus dihadapi dengan hati lapang.

Advertisements

2 thoughts on “Hal yang terjadi tanpa disadari

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s