Bisa Kalau MAU !

Jum’at pagi, terlayang pertanyaan dari bibir ku pada seorang guru, “Buk, kita pramuka kah hari ini?”

“Iya, motor saya sudah diperbaiki. Jadi kita bisa pramuka hari ini.”

“Jadikah Sri ikut?” Tanyanya kepadaku.

“Iya Buk. Saya ikut.”

Itu percakapan singkat di jumat cerah itu antara aku dengan salah satu guru honor di sekolah SATAP ini, yaitu SD 21 dan SMP 5 Kuala Mandor B, Kalimantan Barat.

Sudah dua bulan yang lalu saya ingin bergabung menjadi kakak Pembina pramuka bagi siswa SD dan SMP ini. Namun karena ada-ada saja hal-hal tidak terduga yang terjadi ataupun yang harus dikerjakan di jumat siang itu, membuat saya tidak bisa menjadi kakak Pembina lebih awal. Tapi tak masalah, semoga hari jumat kemarin, 16 Mei 2014 menjadi permulaan yang indah untuk berbagi ilmu bersama siswa SD dan SMP di sini.

“Kita akan mengajarkan apa nanti Bu?” Tanya ku kepada guru yang telah biasa menjadi kakak Pembina  pramuka di sekolah SATAP ini.

“Terserah Sri aja. Emang Sri mau ngisi apa?” Tanya sang Guru itu.

“Oh iya lah Bu. Nantilah saya beri tahu Ibu materinya apa.” Jawabku sambil tersenyum.

“Oke Bu, Saya ke UPT dulu ya, mau mengantar surat. “ Lanjutku kemudian.

“Oh. Oke. Pergi sama siapa?”

“Sendiri Bu.” Jawabku mantap.

“ Oh iya, hati-hati.”

“Iya bu, terima kasih.”

Tak lama setelah itu aku pun berangkat ke UPT. Di sepanjang jalan, aku memikirkan materi apa yang akan ku berikan nanti kepada siswa yang mengikuti pramuka.

Iya ku tadi pada Sang guru hanya bermodalkan tekad. Mengatakan kepada diriku sendiri, “Aku bisa”. Mungkin sang guru tidak tahu, dulu ketika aku masih barada di bangku sekolah, aku hanya mengikuti pramuka sebantar saja.

Aku berhenti. Kenapa? Karena orang tuaku tak mengizinkanku untuk pergi berkemah. Padahal. Kemah adalah alasan utamaku untuk mengikuti pramuka. Tahu sudah aku tak dibolehkan ikut kemah, akhirnya aku pun berhenti dari ektrakurikuler pramuka itu. Fikirku waktu itu, percuma saja aku ikut pramuka jikalau nanti ujung-ujungnya aku tidak dibolehkan ikut kemah.

Tapi sekarang aku merasakan, betapa ruginya aku tak mengikuti pramuka diwaktu itu. Paling tidak, jika dulu aku mengkutinya meski tidak ikut pergi kemah, dipastikan aku takkan kebingungan tentang materi apa yang harus kuajarkan kepada siswa itu.

Otakku berfikir. Mencari solusi. Tapi tiba-tiba aku tersenyum. “Percuma punya HP jika tidak dimanfaatkan dengan benar” gumanku dalam hati.

Ku telpon seorang rekan SGI lainnya. Kutanyakan hal yang membuatku bingung. Atas sarannya, akhirnya ku memilih materi Dasa Dharma Pramuka. Ada sepuluh. Rencananya aku akan mengajarkan itu. aku akan meminta anak mnghapalkannya. Dengan model pembelajaran gallery shop, akhirnya aku akan meminta anak-anak itu untuk menghapalkan Dasa Dharma itu. Tak lupa, kusediakan hadiah berbungkus kertas kado untuk membangkitkan semangat anak-anak.

Takut waktu akan bersisa, aku pun telah menyiapkan 30 lembar kertas berisi lirik lagu Indonesia raya. Rencananya, jika masih ada waktu, aku akan mengajak mereka bernyanyi. Bukan kenapa-kenapa, diantara mereka, masih ada kata-kata yang salah dalam menyanyikan lagu itu. Tentu sungguh tidak enak didengar. Sangat tidak nyaman. Oleh karena itu, agar mereka tak hanya fasih menyanyikan lagu pramuka saja, makanya akupun berencana membetulkan kesalahan mereka dalam menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Meski persiapan materi hari ini begitu dadakan, tapi Alhamdulillah akhirnya pembelajaran pun terlaksana. Bahkan waktunya kurang. Aku tidak menyangka waktu berjalan begitu cepat ketika materi itu dilaksanakan.

Aku bahagia melihat senyum mereka.

Satu hal yang diajarkan SGI kepada kami, tidak ada kata “menolak” jika ada kesempatan untuk berbagi imu bersama calon pemimpin bangsa ini. Bagus tidaknya hasilnya nanti, itu urusan belakangan. Yang paling penting, kesempatan itu digenggam dulu. Lalu agar hasilnya tidak mengecewakan, maka tiap detik mendekati pelaksanaan “kesempatan” itu harus diisi dengan usaha terbaik kita.

 

Image

 

#Kuala Mandor B, 22 Mei 2014

##Guru Muda Dompet Dhuafa Bogor

Leave a Reply

