Satukan hati

Manusia adalah makhluk sosial. Tanpa bantuan orang lain, manusia itu takkan pernah bisa bertahan hidup sendirian.

Hari ini tim khatulistiwa telah kembali ke Pontianak. Perjalanan lebih kurang delapan setengah jam dari Sambas memberikan kepenatan yang cukup terasa. Dikala letih menggoda ini, terlihatlah siapa yang sabar dan tidak sabar dalam menanggapi suatu hal.

Sebagai manusia, tentu kita harus menilai sebuah permasalahan dengan kepala jernih. Apapun keputusan yang kita ambil tentu harus ada pertimbangan. Dan tentu, dalam tim, suara itu harus disatukan. Ibarat kapal, jika pengayuhnya tidak seimbang, maka olenglah kapal itu.

Begitu juga dengan tim. Meski banyak perbedaan yang terbentang diantara sesama anggota kelompok, tetapi kita tetap harus menyamakan suara untuk mencapai satu tujuan. Untuk mencapai mufakat itu, kitalah bersama-sama bersuara mengeluarkan isi fikiran.

Tentang pendapat kita, Jika dilandasi dengan alasan yang kuat dan benar adanya, tentu hal itu akan diterima dan dilaksanakan. Tapi jika alasan kita tidak “tepat” atau kurang tepat, maka kita harus berbesar hati mengikuti apapun hasil rapat keputusan.

 #Pontianak, 30 Desember 2013

## Dirumah singgah. Sekembalinya dari Sambas

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s